Senin, 12 Agustus 2013

SENI MUSIK

A. Pengertian Seni Musik
Seni adalah ekspresi atau ungkapan jiwa dan budaya manusia yang mengandung nilai estetika / keindahan dan dituangkan dalam sebuah karya berupa karya sastra, seni rupa maupun seni musik.
Musik merupakan bunyian atau suara yang dihasilkan dari sesuatu yang digetarkan, agar dihasilkan suara yang indah maka diperlukan keahlian untuk memainkannya. Jadi seni musik adalah hasil karya manusia yang mengandung nilai estetika yang berasal dari bunyi/suara.
B . Sejarah Musik Dunia
Musik sudah dikenal sejak zaman sebelum masehi. Pada saat itu mereka membuat musik atau bunyi-bunyian dari bahan-bahan alam yang tersedia dilingkungannya, seperti batu yang digesek-gesekan, gemerciknya air dan sebagainya untuk upacara adat, pemujaan dan lain-lain. Menurut zamannya perkembangan musik dibagi 6, yaitu:
1.      Musik Zaman Kuno
Pada masa ini musik masih bersifat primitive religius, yang artinya musik hanya dipakai untuk sarana pemujaan yang berhubungan dengan adat dan kepercayaan manusia pada waktu tertentu.
2.      Musik Zaman Pertengahan (375-1350)
Fungsi musik pada zaman pertengahan ini, telah mengalami perkembangan, tidak hanya sebagai sarana pemujaan saja melainkan sudah dipakai sebagai hiburan sewaktu-waktu dibutuhkan. Pada zaman ini telah ditemukan not solmisasi oleh Guido Von Arezzo.
3.      Musik Zaman Renaisance (1350-1600)
Renaisance adalah suatu aliran yang melahirkan kembali kebudayaan atau kesenian dari masa purbakala. Pada masa ini manusia sempat “Menemukan Dirinya”. Sebagai seniman tidak hanya mengungkapkan apa yang terjadi diluar manusia tetapi juga yang terjadi dalam diri manusia. Mereka memperoleh suatu pandangan baru. Musik Renaisance lebih bersifat manusiawi.
4.      Musik Zaman Barok dan Rokoko (1600-1750)
Pada zaman ini banyak ditemukan ornament-ornament pada hasil karya musik. Para komposisi seperti Johanes Sebastian Bach dan George Frederich Handel sangat berani dalam membuat ornament-ornament pada karya-karyanya, selain itu muncul improvisasi dari para pemain musiknya.
5.      Musik Zaman Klasik Romantik (1750-1875 )
Ciri utama karya musik zaman klasik ini adalah ditandai dengan pemakaian beberapa tanda dinamik kresendo dan dekresendo. Ditemukan pula tanda tempo dalam lagu. Perkembangan selanjutnya pada zaman ini adalah komposisi menitikberatkan pada ungkapan perasaaan pada hasil karyanya. Ornamen-ornamen pada zaman Barok dan Rakoko mulai ditinggalkan, sedangkan perubahan-perubahan tempo lebih ditonjolkan.
6.      Musik Zaman Modern (1900-sekarang)
Aliran musik pada zaman modern sudah sangat beragam, seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi. Banyak teknik-teknik baru dalam pembuatan karya musik, seperti harmoni, melodi, instrumentasi dan sebagainya.
C.    Sejarah Musik Nusantara
Sejarah musik diIndonesia sendiri, dimulai sejak zaman prasejarah (sebelum abad 1 M), yaitu dengan datangnya bangsa Asia Tengah. Mereka memperkenalkan alat tiup dari bambu dengan nama Khen, yang sekarang masih berkembang di daerah Kalimantan dan Bali. Selain Khen, mereka memperkenalkan alat musik tiup yang sekarang dikenal dengan nama suling.   Seiring masuknya agama Islam ke Indonesia, berkembang pula alat musik dari Arab, seperti rebana, gambus(sejenis gitar/mandolin), biola, akordeon, gendang dan seruling dengan ini terbentuklah orkes gambus.
D.    Jenis Aliran Musik dan Tokohnya
Seiring berkembangnya zaman yang modern ini, di Indonesia banyak sekali aliran musik dan tokohnya. Berikut ini adalah beberapa aliran musik dan tokohnya yang ada di Indonesia:
1.      Musik Klasik Indonesia
Musik klasik Indonesia ialah musik yang sudah lama ada di Indonesia. Beberapa nama besar dalam perkembangan musik klasik di Indonesia yaitu Ananda Sukarlan (seorang pianist) dan Trusutji Kamal (seorang pianist dan composer yang lahir di dalam lingkungan musik dengan latar belakang orang tua yang memahami biola). Kelompok musik yang membawakan aliran klasik ini, salah satunya yaitu, Group Andalas.
2.      Musik Tradisional
Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan bukan sebagai sarana hiburan saja, melainkan ada juga dipakai untuk pengobatan dan ada yang menjadi sarana komunikasi antara manusia dengan penciptanya, hal ini adalah menurut kepercayaan masing-masing orang saja. Musik tradisional yang ada di Indonesia, diantaranya gamelan, angklung, sasando dan lain-lain.
Ada juga musik tradisional yang berasal dari pengaruh kebudayaan luar, diantaranya gambang kromong, marawis dan keroncong. Tokohnya yaitu Mus Mulyadi, Mus Mujiono, Waljinah, Gesang, Pak Daeng Sutigna dan masih banyak lagi..
3.      Musik Gospel
Musik gospel adalah sebuah genre musik yang dicirikan oleh vocal yang dominant (seringkali dengan menggunakan harmaoni yang kuat), liriknya yang bersifat religius, khususnya Kristen. Kebanyakan bentuk musik gospel menggunakan piano/organ Hammond, drum, gitar bas dan gitar listrik.
Di Indonesia, musik gospel banyak dipopulerkan oleh musisi seperti Franky Sihombing, Nikita dan masih banyak lagi.
4.      Musik Jazz
Munculnya imej bagi jazz yang kurang menguntungkan ini berpangkal pada sebuah pengertian yang dominan bahwa fungsi utama musik adalah untuk menghibur dan memberikan kepuasan kepada khalayak dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Biasanya musik jazz ini bersifat ceria. Irama yang sering dipergunakan dalam jazz adalah swing, soul, bossanova dan sebagainya. Tokoh dalam musik jazz ini di Indonesia adalah Tompi, Glenn F dan lain-lain.
5.      Musik Country
Musik country adalah campuran dari unsur-unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia. Istilah musik country mulai dipakai sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan istilah musik hillbilly yang berkesan merendahkan. Pada tahun 1970-an, istilah musik country telah menjadi istilah populer. Musik country ini bersifat gembira.
Musik country di Indonesia di awal kemunculannya lebih mengadopsi musik cowboy. Beberapa malah cenderung ke Folk Song. Karena agak sesuai dengan lagu pop kala itu. Iwan Fals awalnya memang musik country, tetapi sekarang mungkin sudah tidak ada lagi kesan musik country-nya. Tokoh musik country yang masih ada hanya Tantowi Yahya.
6.      Musik Rock
Musik rock pada dasarnya dieksplor dan dikembangkan oleh banyak orang namun demikian akar musik rock yang paling kuat adalah pada musik blues dan rhythm. Blues dan rhythm lalu memproduksi sebuah lagu yang beberapa orang diklaim sebagai lagu rock and roll pertama berjudul ‘Rocket’88 oleh Jackie Brenston.
Kelompok musik yang aliran rock adalah The Rock, Serius band, Rif, God Bless, Bentoel dan masih banyak lagi. Adapun tokoh musik rock yaitu Ahmad Dani, Gito Rollies, Ikang Fauzi, Ahmad Albar, Arman Maulana dan lain-lain.
7.      Musik Populer
Musik populer atau musik pop adalah nama bagi aliran-aliran musik yang didengar luas oleh pendengarnya dan kebanyakan bersifat komersial. Kelompok musik/band yang beraliran musik populer/pop yaitu Peterpan, Ada Band, Five Minutes, ungu dan masih banyak lagi. Tokoh musik populer/pop yaitu Ariyanto, Rinto Harahap, Tommy J, Obbie Messak.
8.      Musik Dangdut
Musik dangdut berasal dari Indonesia, jadi musik dangdut ini musik asli Indonesia. Suara khasnya yaitu gendang dan serulingnya. Musik dangdut merupakan musik bergaya semangat. Tokoh-tokoh dari musik dangdut ini yakni Rhoma Irama (Bang Haji), Elvi Sukaisih (Umi), A. Rafiq, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar